Hal Penting yang Perlu Diketahui Dalam Trimester Kehamilan

Hal Penting yang Perlu Diketahui Dalam Trimester Kehamilan

Bagi pasangan yang sedang merencanakan memiliki anak dan kehamilan, pastilah perlu mencari tahu tentang hal-hal terkait perkembangan janin dan trimester kehamilan, mulai dari trimester satu, dua, hingga trimester ketiga yang mulai persiapan persalinan. Secara lebih lengkap, berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui dalam trimester kehamilan. 

Trimester kehamilan dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Dari perhitungan tersebut, dapat diketahui bagaimana perkiraan perkembangan janin, usia janin, yang kemudian juga digunakan untuk menyusun jadwal pemeriksaan kehamilan di fasilitas kesehatan. Selain itu, juga bisa untuk memperkirakan tanggal lahir (HPL) bayi. Menurut peraturan Organisasi Kesehatan Dunia dan Kementerian Kesehatan, setidaknya empat tes kehamilan harus dilakukan selama kehamilan. Pada trimester pertama kehamilan, sekali dalam tiga bulan kehamilan dan dua kali dalam tiga bulan kehamilan.

Pembagian Trimester Kehamilan

Untuk diketahui, biasanya setelah mengetahui HPHT, dan mulai menghitung usia janin, maka masa kehamilan itu berlangsung kurang lebih 40 minggu. Kemudian, 40 minggu tersebut dibagi menjadi tiga siklus atau tiga trimester. 

  • Trimester Pertama (0-13 minggu)

Trimester pertama adalah periode terpenting perkembangan janin. Selama tiga bulan ini, struktur tubuh dan sistem organ janin bertumbuh dan mengalami perkembangan. Perubahan yang signifikan pun terjadi pada tubuh ibu. Biasanya, menimbulkan berbagai gejala, seperti mual, muntah, kelelahan fisik, dan kelelahan emosional, sering buang air kecil, dan nyeri payudara. Namun, situasi setiap ibu mungkin berbeda. Selama periode ini, kebanyakan kasus keguguran dan cacat lahir dapat terjadi. Itu sebabnya, setiap ibu hamil sungguh perlu memberi perhatian lebih pada kesehatan tubuhnya dan kesehatan janin yang dikandungnya.

  • Trimester Kedua (14-26 minggu)

Dalam trimester kedua masa kehamilan ini, berbagai gejala tidak nyaman yang dirasakan di masa awal kehamilan akan berangsur hilang. Jika sebelumnya sering mual dan muntah, maka memasuki masa trimester kedua ini, Ibu sudah bisa mulai menikmati makanan kembali. Tidur juga jadi lebih nyaman dan tidak mudah lelah. Namun, beberapa gejala baru akan mulai mengganggu, seperti sakit punggung, kram perut, dan kaki. Di masa ini, Anda bahkan sudah bisa merasakan janin bergerak.

  • Trimester Tiga (27-40 minggu)

Trimester tiga adalah masa terakhir kehamilan, atau lebih tepatnya masa tiga bulan terakhir kehamilan. Karena kondisi fisik ibu dan janin yang dikandung terasa lebih berat, aktivitas fisik akan mulai sangat terhambat. Berbagai gejala dapat terjadi, seperti insomnia, sesak napas, wasir, dan varises.

Pada periode ini, janin sudah bisa merespons cahaya, mendengar suara, merasakan sakit dan mengubah postur tubuh. Itu sebabnya, Ibu akan bisa merasakan gerak janinnya yang lebih aktif. Janin memiliki panjang 36 cm dan berat sekitar 900-1.800 gram. Mata dan telinga janin harusnya juga sudah berfungsi normal. Paru-paru hampir berkembang sempurna. Dan pada bulan kesembilan, seluruh organ janin akan menjadi lebih sempurna dan memiliki bentuk tubuh manusia yang normal. Selain itu, bulan kesembilan juga merupakan saat para orang tua menyambut kelahiran bayinya.

Dengan memahami proses dan masa kehamilan serta perkembangan janin dari awal kehamilan hingga persalinan, Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk setiap tahap perkembangan janin, memenuhi nutrisi untuk kebutuhan tubuh ibu hamil, serta dapat mencegah berbagai resiko yang bisa terjadi pada janin. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui permasalahan yang dihadapi janin sedini mungkin melalui pemeriksaan rutin dan bisa segera mendapatkan penanganan terbaik dari dokter kandungan Anda.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )